Pura Luhur Bhujangga Waisnawa, Pura dengan Asitektur Menawan di Bali

Tidak ada habisnya jika berbicara mengenai objek wisata Pura di Bali. Julukan yang diberikan kepada Pulau Bali sebagai “Pulau Seribu Pura” memang sangat cocok diberikan kepada Pulau yang satu ini. Pura-pura yang terdapat di Pulau Bali inipun memiliki ciri khasnya masing-masing yang membedakan antara pura yang satu dengan pura yang lainnya. Salah satu Pura di Bali yang memiliki ciri khas berupa arsitektur bangunannya yang indah dan menawan adalah Pura Luhur Bhujangga Waisnawa. Pura Luhur Bhujangga Waisnawa merupakan sebuah Pura yang terletak di sebelah timur kaki Gunung Batukaru. Arsitektur menawan serta keindahan ukiran-ukiran yang terukir di bangunan pura sebagai symbol khas budaya Bali menjadi daya tarik dari tempat yang satu ini bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pura Luhur Bhujangga Waisnawa merupakan tempat suci sebagai media pemujaan Bhatara Kawitan (Leluhur) dari Wangsa Bhujangga Waisnawa. Pura Luhur Bhujangga Waisnawa ini di samping sebagai Pura Kawitan sangat diyakini di masa lampau sebagai suatu pasraman. Di tempat ini dipuja roh suci leluhur atau Dewa Pitara dari Wangsa Bhujangga Waisnawa dan tentunya juga sebagai media pemujaan pada Tuhan dalam berbagai manifestasinya.

Menurut catatan sejarah, dinyatakan bangunan suci ini didirikan oleh Ida Bagus Angker yang setelah dwijati bergelar Ida Bhagawan Resi Canggu. Ida Bagus Angker ini juga sebagai pendiri Pura Petali yang berada di areal lebih di bawah dari Pura Luhur Bhujangga Waisnawa. Ida Bagus Angker mendirikan Pura Luhur Bhujanga Waisnawa dan Pura Petali di Desa Jatiluwih ini pada zaman pemerintahan di Bali dipimpin oleh Dalem Watu Renggong dengan ibu kotanya di Klungkung. Dalem Watu Renggong memerintah di Bali dari tahun 1460-1550 Masehi.

Pura Luhur Bujangga Waisnawa terletak di Dusun Gunung Sari, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali. Tempat ini dapat dijadikan salah satu tujuan wisata anda saat berkunjung dan berwisata di Pulau Bali. Arsitektur menawan serta keindahan ukiran-ukiran yang terukir di bangunan pura akan menjadi pemandangan yang menakjubkan bagi anda yang berkunjung ke objek wisata pura ini. Letak dari objek wisata ini juga berdekatan dengan beberapa objek wisata, diantaranya yaitu objek wisata Jatiluwih, Pura Luhur Petali, Air Panas Belulang dan Bali Butterfly Park.

Anda dapat mengakses objek wisata ini dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika anda tidak memiliki kendaraan, anda dapat menyewa kendaraan di jasa rent car terdekat yang tersedia. Jika anda berangkat langsung dari Bandara Internasional Ngurah Rai , anda juga dapat memakai jasa rent car terdekat yang tersedia dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai. Perjalanan yang ditempuh dari bandara untuk sampai ke objek wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 150 menit.

Untuk mencapai objek wisata ini, dari bandara internasional ngurah rai anda bisa mengambil jalan menuju Sunset Road, kemudian melewati Jalan Raya Kerobokan menuju Ke Jalan Raya Kapal. Setelah sampai di Jalan Raya Kapal, anda dapat mengambil jalan menuju ke kota Tabanan. Setelah sampai di kota Tabanan, anda bisa melanjutkan mengambil jalan menuju arah utara kota menuju kota Penebel (Searah dengan jalan menuju Objek Wisata Bali Butterfly Park).

Sampai di kota Penebel, ambil jalan menuju ke arah utara lagi hingga tiba di Desa Senganan. Kemudian ambil jalan ke kiri menuju ke Desa Jatiluwih. Ketika telah memasuki desa, anda akan disuguhkan dengan indahnya panorama alam persawahan Jatiluwih yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Setelah melewati indahnya hamparan persawahan, maka akan ada petunjuk menuju arah utara yang menunjukkan arah ke pintu masuk Pura Luhur Bujangga Waisnawa yang berjarak kurang lebih 2,2 km dari petunjuk tersebut.

Setelah berkunjung ke objek wisata ini, andapun bisa mampir ke rumah makan ataupun restoran terdekat yang berada di sekitar objek wisata ini jika anda lapar ataupun ingin bersantai sejenak dan menikmati kuliner yang lezat dan murah. Selain itu, jika anda ingin bermalam ataupun menginap, jasa penginapan dan hotel murah terdekat pun siap melayani anda.

Galeri Pura Luhur Bhujangga Waisnawa

This slideshow requires JavaScript.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: