Suasana hening dan sakral di Pura Luhur Petali Bali

Pura merupakan tempat yang di gunakan oleh umat Hindu di Bali untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Oleh karena itu, Pura-pura di Bali sebagian besar dibangun dan didirikan di tempat-tempat yang memiliki suasana hening dan dapat dikatakan jauh dari keramaian. Salah satu Pura di Bali yang dibangun di tempat yang memiliki suasana hening ini adalah Pura Luhur Petali. Pura Luhur Petali terletak di sebelah timur kaki Gunung Batukaru. Letaknya yang berada di kaki gunung dan jauh dari keramaian menyebabkan suasana di Pura ini begitu hening dan sakral. Pura Luhur Petali juga memiliki unsur budaya Bali yang sangat kental pada arsitektur bangunannya. Perpaduan dari hening dan sakralnya suasana di Pura ini serta unsur budaya yang di sajikan lewat indahnya arsitektur bangunan yang dimilikinya, pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Menurut catatan sejarah, pembangunan Pura Luhur Petali  dikaitkan dengan nama besar Ida Dalem Waturenggong, penguasa kerajaan Gelgel pada abad ke-XV-XVI. Pura Luhur Petali memiliki posisi yang sangat istimewa dalam kehidupan masyarakat Desa Jatiluwih, karena mereka mempercayai bahwa Pura Luhur Petali ini merupakan manifestasi dari kekuatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang terpancar melalui bidang pertanian. Karena keistimewaannya tersebut maka tidak heran jika banyak terdapat berbagai atraksi budaya yang sangat unik di Pura Luhur Petali ini, diantaranya adalah Tari Wali Pendet yang diselenggarakan pada saat Upacara Petoyan dan Patirtaan, kedua atraksi budaya tersebut dilaksanakan setiap Rabu Kliwon Ugu.

Pura Luhur Petali terletak di areal hutan yang merupakan bagian timur dari kaki Gunung Batukaru, tepatnya di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali. Suasana Pura ini begitu hening dan sakral karena terletak jauh dari pemukiman penduduk dan juga Letak dari objek wisata ini berdekatan dengan objek wisata Jatiluwih, Pura Luhur Bhujangga Waisnawa, dan Air Panas Belulang. Anda dapat mengakses objek wisata ini dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika anda tidak memiliki kendaraan, anda dapat menyewa kendaraan di jasa rent car terdekat yang tersedia. Jika anda berangkat langsung dari Bandara Internasional Ngurah Rai , anda juga dapat memakai jasa rent car terdekat yang tersedia dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai. Perjalanan yang ditempuh dari bandara untuk sampai ke objek wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 150 menit.

Untuk mencapai objek wisata ini, dari bandara internasional ngurah rai anda bisa mengambil jalan menuju Sunset Road, kemudian melewati Jalan Raya Kerobokan menuju Ke Jalan Raya Kapal. Setelah sampai di Jalan Raya Kapal, anda dapat mengambil jalan menuju ke kota Tabanan. Setelah sampai di kota Tabanan, anda bisa melanjutkan mengambil jalan menuju arah utara kota menuju kota Penebel (Searah dengan jalan menuju Objek Wisata Bali Butterfly Park).  Setelah melewati kota Penebel ambil jalan menuju ke arah utara lagi hingga tiba di Desa Senganan. Kemudian ambil jalan ke kiri menuju ke Desa Jatiluwih. Ketika telah memasuki desa, anda akan disuguhkan dengan indahnya panorama alam persawahan Jatiluwih yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Setelah melewati indahnya hamparan persawahan, maka akan ada petunjuk menuju arah utara yang menunjukkan arah ke pintu masuk Pura Luhur Petali yang berjarak kurang lebih 2 km dari petunjuk tersebut. Ketika anda sampai di depan Pura Luhur Petali, anda akan merasakan betapa hening dan sakralnya suasana Pura ini. Tidak hanya itu, udara pegunungan yang segar dan sejuk juga akan membuat anda segar kembali setelah menempuh perjalanan yang lumayan panjang saat menuju ke objek wisata ini.


Setelah berkunjung ke objek wisata ini, andapun bisa mampir ke rumah makan ataupun restoran terdekat yang berada di sekitar objek wisata ini jika anda lapar ataupun ingin bersantai sejenak. Selain itu, jika anda ingin bermalam ataupun menginap, jasa penginapan dan hotel murah terdekat pun siap melayani anda.



Galeri Pura Luhur Petali

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: