Pura Pucak Batumeringgit, Pura dengan Keharmonisan Dua Agama di Bali

Pura merupakan tempat pemujaan umat Hindu kehadapan Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Selain menjadi tempat persembahyangan dan pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan leluhur oleh umat Hindu di Bali, Pura-pura di Bali juga sering dijadikan sebagai salah satu objek wisata karena keindahan dan kemegahan dari arsitekturnya. Umumnya, hanya umat Hindu saja yang menggunakan Pura sebagai tempat persembahyangan dan pemujaan, tetapi di Pura Pucak Batumeringgit terdapat sebuah bangunan selain Pura yang terdapat di dalam areal Pura. Bangunan tersebut adalah bagunan konco (Kelenteng Budha). Bangunan ini dipakai oleh umat Budha sebagai tempat pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pura Pucak Batumeringgit merupakan Pura yang mencerminkan keharmonisan antara dua agama yang ada di Bali, yaitu Agama Hindu dan Budha. Hal ini tercermin dari arsitektur bangunannya yang memiliki unsur budaya Budha dan Hindu yang sangat kental. Sebagai cerminan keharmonisan antara dua agama, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pura ini.

Menurut catatan sejarah, Pura Pucak Batumeringgit disebutkan terletak di Bukit Watu Meringgit dan dibangun oleh Shri Jaya Kasunu pada abad ke-13 (Tahun 1123 Saka/1201 Masehi). Bangunan-bangunan yang didirikan di Bukit Watu Meringgit ditujukan untuk memuja kebesaran Tuhan Yang Maha Esa sebagai manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa. Tempat ini sejak tanggal 25 Januari 1999 telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya No.114021402001979 sehingga sebagai kekayaan budaya Bali, Pura Pucak Batumeringgit ini harus selalu dilestarikan dan tetap dijaga keaslian dan keberadaannya.

Pura Pucak Batumeringgit merupakan Pura pengunungan yang terletak pada ketinggian 1250 m di atas permukaan laut. Pura ini terletak di hutan yang kini berada dalam satu areal dengan objek wisata Kebun Raya Eka Karya Bali. Selain itu, letak dari Pura ini juga berdekatan dengan Pura Teratai Bang, objek wisata Fresh Strawberry dan juga objek wisata Danau Beratan. Selain dapat menikmati khasnya arsitektur bangunan yang mencerminkan keharmonisan dari dua agama yang ada di Bali, Pura ini juga menawarkan sejuknya udara pegunungan disertai dengan ketenangan dan kicauan burung-burung yang tentunya membuat hati siapapun yang berkunjung dan berwisata ke Pura ini menjadi tenang dan sejuk kembali.

Pura Pucak Batumeringgit terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Anda dapat mengakses objek wisata ini dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika anda tidak memiliki kendaraan, anda dapat menyewa kendaraan di jasa rent car terdekat yang tersedia. Jika anda berangkat langsung dari Bandara Internasional Ngurah Rai , anda juga dapat memakai jasa rent car terdekat yang tersedia dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai. Perjalanan yang ditempuh dari bandara untuk sampai ke objek wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 200 menit.

Untuk mecapai objek wisata ini, dari bandara internasional ngurah rai anda bisa mengambil jalan menuju Sunset Road, kemudian melewati Jalan Raya Kerobokan menuju Ke Jalan Raya Kapal. Setelah sampai di Jalan Raya Kapal, ambil jalan menuju Jalan Raya Mengwi. Setelah sampai di kecamatan mengwi anda tinggal mengambil jalan ke utara menuju jalan provinsi yang menghubungkan kota Denpasar – Singaraja. Kira-kira sekitar 38 km kemudian anda akan menemukan pertigaan dengan patung jagung ditengahnya. Ambil jalan lurus dan anda pun akan masuk di jalan kebun raya bedugul, kira-kira 500 meter kemudian, anda akan menemukan objek wisata Kebun Raya Eka Karya yang didalamnya terdapat objek wisata Pura Pucak Batumeringgit dengan cerminan keharmonisan dua agama nya yang khas di Bali.

Setelah berkunjung ke objek wisata ini, andapun bisa menikmati kuliner yang murah dan lezat dengan mampir ke rumah makan ataupun restoran terdekat yang berada di sekitar objek wisata ini. Selain itu, jika anda ingin bermalam ataupun menginap, jasa penginapan dan hotel murah terdekat pun siap melayani anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: