Wisata Berenang dan Berendam di Pemandian Air Panas Belulang Bali

Bagi anda yang jenuh dan lelah dengan aktivitas sehari-hari yang sangat menumpuk tentu perlu menyegarkan diri dengan berekreasi dan berwisata agar pikiran terasa lebih segar. Jika anda beniat untuk menyegarkan diri anda dari kesibukan sehari-hari dan berencana untuk pergi ke salah satu objek wisata, objek wisata pemandian air panas belulang bali merupakan salah satu pilihan tujuan wisata di Bali yang tepat untuk anda kunjungi. Pemandian air panas belulang ini terletak di tengah hamparan sawah yang asri dengan pemandangan alam yang sungguh mempesona. Wisata berenang dan berendam di pemandian air panas ini dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh anda karena kasiat air panas ini diyakini baik untuk terapi pengobatan segala jenis penyakit kulit.

Objek wisata ini terletak di banjar Belulang, desa Mangesta, kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan, Bali. Perjalanan kesana dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan dapat ditempuh dengan waktu 150 menit dari bandara internasional ngurah rai. Jika anda tidak memiliki kendaraan, anda dapat menyewa kendaraan di jasa rent car terdekat yang tersedia. Jika anda berangkat langsung dari Bandara Internasional Ngurah Rai , anda juga dapat memakai jasa rent car terdekat yang tersedia dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Untuk mencapai objek wisata ini, dari bandara internasional ngurah rai anda bisa mengambil jalan menuju Sunset Road, kemudian melewati Jalan Raya Kerobokan menuju Ke Jalan Raya Kapal. Setelah sampai di Jalan Raya Kapal, anda dapat mengambil jalan menuju ke kota Tabanan. Kemudian setelah sampai di kota Tabanan, anda mengambil jalan ke arah utara menuju Penebel. Tepat di pasar penebel, belok ke kiri (ke arah Barat) mengambil jalan yang menuju ke mangesta.

Sekitar 2-3 km berikutnya, anda akan menemukan pertigaan dan ada tanda arah yang menyebutkan “Pura Luhur Batu Panas, Air Panas Belulang” kemudian belok ke kanan. Setelah masuk ke jalan ini, anda hanya tinggal terus mengikuti jalannya hingga tiba di air panas belulang. Jalannya agak menyempit, dan berkelok-kelok tetapi saat anda melewati jalan ini, anda akan disuguhkan oleh indahnya hamparan sawah di samping kanan dan kiri anda. Ketika anda sudah sampai di Balai Banjar Desa Belulang, anda bisa memarkir kendaraan yang anda bawa di belakang balai banjar. Selanjutnya berjalan kaki sekitar 300 meter untuk menuju air panas belulang.

Pengunjung akan disambut candi bentar dan jalan pada sebuah pematang sawah yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga terlihat sungguh indah untuk dipandang. Untuk masuk ke areal pemandian air panas belulang, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3000,- untuk orang dewasa dan Rp 2000,- untuk anak-anak.

Sumber air panas belulang terletak di tengah pura yang ditampung seperti sebuah kolam kecil, kemudian di alirkan ke beberapa pancuran ke tempat mandi, ada dua bilik tempat mandi dengan masing 4 pancuran, dan juga ada kolam kecil diluar bilik mandi tersebut. Air panasnya terasa begitu hangat dan menyegarkan serta tidak terlalu begitu berbau belerang, hanya sesekali samar-samar. Tidak seperti air panas lainnya yang memiliki bau belarang yang menyengat. Tentunya hal ini dapat membuat wisata berenang dan berendam anda di pemandian air panas belulang semakin mengasyikkan.

Setelah puas berenang dan berendam di air panas, anda bisa menikmati tipat cantok di beberapa warung di dekat air panas tersebut, mereka juga menyediakan, bakso, soto, rujak, ada juga ikan bakar dan tentu saja berbagai minuman ringan yang dapat lebih menyegarkan tubuh anda setelah lama berendam di air panas belulang ini. Andapun bisa mampir ke rumah makan ataupun restoran terdekat yang berada di sekitar objek wisata ini jika anda lapar ataupun ingin bersantai menikmati kuliner khas di Bali. JIka anda ingin bermalam ataupun menginap setelah lama menghabiskan waktu di objek wisata ini, andapun bisa memilih berbagai hotel murah ataupun penginapan yang ada di sekitar area objek wisata ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: